Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Jombang Siapkan 3000 Masker untuk Warga

LAZISNU Jombang Siapkan 3000 Masker untuk Warga
Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur kini menyiapkan 3000 masker untuk dibagikan kepada warga NU di sejumlah kecamatan. Ini menyusul setelah 3000 botol cairan disinfektan mulai terdistribusikan kepada warga NU melalui Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif, Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU), Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU), dan panti asuhan.
 
Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin mengungkapkan, sejumlah masker tersebut disiapkan untuk memberikan perlindungan terhadap Nahdliyin dari virus corona (Covid-19) yang masih terus mewabah. Apalagi Jombang sendiri sudah masuk zona merah per tanggal 29 Maret sebelumnya. Situasi ini perlu dipandang serius, tidak hanya oleh kalangan pemerintah, melainkan juga masing-masing warga, terutama warga NU.
 
"Kita menyiapkan 3000 masker. Nanti dibagikan ke Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Banomnya. Tapi nunggu komando PCNU," katanya kepada NU Online, Selasa (31/3).
 
Sejak satu pekan terakhir di bulan ini, lanjutnya, LAZISNU sudah memesan masker dalam skala besar. Saat ini sudah ada 1000 masker yang sudah siap dibagikan. 2000 masker lainnya masih dalam proses produksi di dua titik konveksi yang ada di Jombang.
 
"1000 masker sudah ready. 1000 masih diproduksi di Kecamatan Perak, dan 1000 lagi diproduksi di Kecamatan/Kabupaten Jombang sendiri," jelas Gok Din sapaan akrabnya.
 
Ia mengatakan, pembagian masker bisa dipastikan terdistribusi secara merata di sejumlah MWCNU dan badan otonomnya pada bulan April mendatang. LAZISNU, lanjutnya, sedang menyusun teknis pembagian agar saat semua masker sudah jadi, bisa dibagikan dengan segera.
 
Pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, kesiapsiagaan dari berbagai pihak untuk saling membantu antarsesama sangat dibutuhkan. Mulai dari pihak pemerintah, organisasi kemasyarakatan, komunitas, dan pihak lainnya perlu saling bergandengan tangan meningkatkan peran kemanusiaannya dengan turut berbagi.
 
"Tidak terkecuali LAZISNU, kita memang perlu memasifkan program siaga bencana di tengah merebaknya virus corona," ujarnya.
 
Untuk diketahui, sebelumnya LAZISNU juga membagikan ratusan hand sanitizer atau gel pembersih tangan kepada 10 pondok pesantren di Jombang. Pondok penerima adalah binaan RMINU Jombang.
 
Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya