Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Lakpesdam NU Sampang Sukses Canangkan Gerakan 10.000 KIA

Lakpesdam NU Sampang Sukses Canangkan Gerakan 10.000 KIA
Launching Gerakan 10.000 Kartu Identitas Anak di Kabupaten Sampang. (Foto: NU Online/Sulaiman)
Launching Gerakan 10.000 Kartu Identitas Anak di Kabupaten Sampang. (Foto: NU Online/Sulaiman)

Sampang, NU Online

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur berhasil mencanangkan Gerakan 10.000 Kartu Identitas Anak (KIA). Bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Lakpesdam NU Kabupaten Sampang bahkan berhasil melebihi target itu.

 

"Padahal saat launching banyak pihak pesimis gerakan ini bisa berjalan, bahkan ada yang nyinyir menuduh ini hanya sekedar gerakan untuk mencari popularitas saja," kata Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Sampang, Faisal Ramdhani saat dihubungi NU Online, Selasa (4/2).

 

Berkat kegigihan relawan melakukan sosialisasi dan fasilitasi pembuatan KIA ke masyarakat, gerakan tersebut bisa mencapai target yang diinginkan pada bulan September 2019 lalu.

 

"Alhamdulillah, kerja keras dan kegigihan relawan gerakan ini bisa mencapai target meskipun dulu," tambahnya.

 

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu menjelaskan, pencapaian 10.000 KIA adalah bukti bahwa Nahdlatul Ulama di Kabupaten Sampang mendorong segala bentuk pembangunan daerah yang berpihak pada masyarakat.

 

"Relawan sudah mencetak sejarah dan terbukti memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Sampang. KIA ini merupakan salah satu bentuk perlindungan hak konstitusional anak," jelasnya.

 

Saat peluncuran gerakan 10.000 KIA dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) antara Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Dinas Pendidikan Sampang, Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat.

 

Sementara Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Edi Subinto mengaku sangat apresiatif atas gagasan cerdas dan kerja keras semua relawan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memiliki KIA.

 

"Terima kasih telah sukses memotivasi masyarakat untuk memiliki KIA. Yang kami salut juga, bukan hanya mencapai target bahkan melampaui. Tercatat, per akhir tahun 2019 sudah ada 10.946 KIA yang tercetak dan semua sudah terdistribusikan pada pemiliknya," tutur Edi, sapaan akrabnya.

 

Edi menginginkan kerjasama semacam ini bisa berlanjut untuk mewujudkan Kabupaten Sampang Hebat Bermartabat. Ia berharap instansi yang mengelola pendidikan bisa menjadikan KIA sebagai syarat pendaftaran masuk sekolah.

 

"Semoga instansi yang mengelola pendidikan ke depan bisa bersinergi menjadikan KIA untuk syarat penerimaan siswa baru," pungkasnya.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×