Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kompetisi Diba' Pelajar NU Sidoarjo

Kompetisi Diba' Pelajar NU Sidoarjo
Sidoarjo, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menggelar lomba diba' se-Kecamatan Sidoarjo tingkat umum. Dengan mengusung tema "Menjalin Ukhuwah Menebar Berkah" yang merupakan bagian dari kegiatan Departemen Dakwah dan Pendidikan.

Kegiatan yang digelar di Masjid Agung Sidoarjo tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan itu mendapat dukungan positif dari warga Nahdliyin setempat juga masyarakat di lingkungan sekitar.

Tampak hadir pada kesempatan itu mewakili pemerintahan kecamatan Sidoarjo, Kepala Kesra Endah Tri Rahmawati, berbagai jajaran pengurus badan otonom (Banom) NU Sidoarjo, serta para undangan lainnya.

Ketua panitia lomba Diana Hayati mengatakan, kegiatan tersebut selain untuk melestarikan kesenian musik shalawat di kalangan pemuda, juga guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menjembatani pemuda Sidoarjo dalam mempertahankan budaya-budaya NU.

"Dengan adanya lomba ini, kami ingin membudayakan kembali rasa gemar membaca shalawat Nabi Muhammad SAW di kalangan pelajar," kata Diana, Ahad (17/12).

Ia menjelaskan, upaya untuk menanamkan budaya ke-Islaman itu memang perlu ditanamkan sejak dini dengan beragam pola, agar keimanan dan ketakwaan seseorang tak gampang dipengaruhi oleh perkembangan paham yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.

"Prestasi sebenarnya bukan segalanya, tetapi lebih pada pembelajaran dan pembentukan karakter anak sejak dini yang bernafaskan Islam. Dimana generasi muda yang gemar membaca shalawat Nabi Muhammad SAW," jelasnya.

Sementara itu menurut Ketua PAC IPNU Sidoarjo M. Chusein Al-Ghozi, melalui lomba diba' ini diharapkan juga hendaknya bisa dijadikan momentum shilaturrahim antar sesama. "Kami berharap dengan terlaksananya lomba diba' tidak menjadikan ajang permusuhan antara peserta satu dengan yang lainya," ucapnya.

Lomba yang dikuti oleh ranting dan komisariat di Kecamatan Sidoarjo dinilai oleh 2 juri yang bersal dari pengurus harian IPPNU Kecamatan Sidoarjo Miftakhul Ulla sebagai juri Irama dan Vocal, sedangkan untuk juri Adab Rahmat Asmayadi Ketua IPNU IPPNU Sidoarjo periode 2012-2014.

Hasil juri pun langsung dikumpulkan ke panitia dan ditentukan juaranya, sesuai ketentuan panitia penyelenggara, dari semua peserta lomba akan diambil 3 pemenang.

Adapun para juara lomba diba' yang diikuti oleh masing-masing perwakilan PAC, PK (Pengurus Komisariat), PR (Pengurus Ranting), PKPT (Pengurus Komisariat Perguruan Tinggi), TPQ (Taman Pendidikan Al-Qu'ran) se-Kecamatan Sidoarjo ini sebagai berikut, juara I diraih PK IPPNU SMK Plus Sabilur Rosyad Sidoarjo, juara II PR IPNU Suko-Sidoarjo dan juara III PK IPPNU SMK Plus NU Sidoarjo. (Moh Kholidun/Fathoni)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×