Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Cegah Lonjakan Covid-19, Muslimat NU Sukorambi Jember Gelar Jalan Sehat

Cegah Lonjakan Covid-19, Muslimat NU Sukorambi Jember Gelar Jalan Sehat
Suasana Jalan Sehat Muslimat NU Jember. (Foto: NU Online/Dahlia)
Suasana Jalan Sehat Muslimat NU Jember. (Foto: NU Online/Dahlia)

Jember, NU Online
Lonjakan klaster penyebaran Covid-19 dalam beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan. Jember, termasuk daerah yang cukup tinggi angka warganya yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Karena itu, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat untuk mencegah akselerasi penularan virus yang mengancam paru-paru manusia itu.


Bermaksud ingin berkontribusi mencegah masifnya penularan Covid-19, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Sukorambi, Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar Jalan Sehat, Ahad (20/6).


Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Jember, Emi Kusminarni  mengatakan bahwa di tengah harapan bangsa Indonesia yang luar biasa akan berakhirnya masa krisis Covid-19, justru penyebaran virus ini semakin mengganas, lengkap dengan varian barunya.


“Karenanya, kita harus tetap waspada, berikhtiar dengan doa dan usaha, yaitu mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.


Mantan Ketua IPPNU Jember itu mengapresiasi dilaksanakannya acara tersebut. Katanya,  Jalan Sehat adalah bagian dari upaya untuk menambah imunitas tubuh dari serangan penyakit. Apalagi juga dibarengi dengan penyuluhan kesehatan.


“Sangat bagus sekali, ini layak ditiru oleh PAC-PAC (Muslimat NU) yang lain,” jelasnya.


Jalan Sehat hasil kerja sama dengan Yayasan Berkah Medika itu, diikuti oleh puluhan ibu dan perempuan lanjut usia (lansia).  Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, mereka mengambil start dan finish di Pesantren As-Shofa, Kelurahan Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember. Di pagi yang cerah di bawah keramahan sinar matahari, mereka menyusuri jalan yang di kanan kirinya terhampar tanaman menghijau dengan udara yang bersih nan sejuk.

 
Menurut Ketua PAC Muslimat NU Sukorambi, Hj. Liek Marfuah, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyehatkan para ibu dan Lansia sehingga diharapkan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk dari Covid-19. Katanya, Jalan Sehat memang rutin digelar tiap bulan di pekan ke-3 dengan  tuan rumah bergantian di antara Ranting Musliamt NU se-Sukorambi.


“Kami juga adakan penyuluhan kesehatan agar mereka sehat dan bahagia,” ungkapnya.


Usai jalan sehat dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang penyakit tidak menular (PTM) yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Berkah Medika Jember, Dr. Abdillah Fathul Wahab. Dengan penyuluhan itu, diharapkan para Lansia bisa mencegah dan mengatasi PTM, terutama dengan pola hidup sehat, misalnya banyak olah raga dan mengelola stres.


“Sebab, para Lansia cenderung rentan terhadap PTM, seperti darah tinggi, stroke, kencing manis, dan sebagainya. Dengan hidup sehat, harapannya Lansia bisa hidup bahagia dan lebih lama,” ungkapnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×