Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Bupati Jepara Imbau Cinta Tanah Air dan Nabi Ditingkatkan

Bupati Jepara Imbau Cinta Tanah Air dan Nabi Ditingkatkan

Jepara, NU Online
Pemerintah Kabupaten Jepara Jawa Tengah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menyertakan Haul Syeh Abu Bakar Pulau Panjang, para auliya, habaib dan kiai di wilayah tersebut. Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun dan Pendopo kabupaten Jepara pada Sabtu (28/2) itu diwarnai dengan Kirab Kebangsaan, doa bersama dan pengajian umum. 
<>
Ketua panitia, Sholih, menyatakan kegiatan yang sudah berlangsung 6 kali itu bertujuan untuk menambah pengetahuan dan referensi ilmu keagamaan. Harapannya kegiatan bermanfaat untuk masyarakat umum dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuqi mengungkapkan dua hal. Pertama, kirab kebangsaan merupakan wujud nasionalisme terhadap tanah air. “Kirab kebangsaan merupakan kegiatan yang tidak memandang ras, suku dan golongan,” sebutnya, saat menjadi inspektur upacara kirab kebangsaan, Sabtu (28/2) pagi. 

Sehingga grup Barongsai Marta Darma Kudus pun turut memeriahkan kegiatan tersebut. Nasionalisme, lanjut Marzuqi, kelak diteruskan oleh pemuda. Karena itu pemuda perlu merevitalisasi perjuangannya dengan mewarnai perjuangan dengan hal positif.

“Dengan mewarnai perjuangan yang positif akan bermanfaat untuk bangsa dan negaranya,” imbuhnya.

Kedua, Bupati Jepara juga menekankan pentingnya cinta kepada Nabi, ulama dan auliya. Yuhasrul mar’u maa man ahabba ilahi. Orang akan dikumpulkan sesuai yang dicintainya.

Marzuqi menerangkan dengan cinta kepada Nabi dan durriyatur rasul kelak akan dikumpulkan dengan mereka. Sebab mereka (habaib, red) ialah pengaman dan penyelamat bumi.

Sebab itu, dua hal yakni cinta tanah air dan nabi harus ditingkatkan agar iman semakin meningkat. Hal itu sejalan dengan nasihat Habib Luthfi yang mengatakan, kadar bobot iman seseorang tergantung seberapa cinta terhadap tanah air dan bangsa. (Syaiful Mustaqim/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×