Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Biografi 'Abah Cipulus' Diluncurkan Sabtu Besok

Biografi 'Abah Cipulus' Diluncurkan Sabtu Besok
Sampul buku 'Abah Cipulus' ditulis oleh H Hadi M Musa Said.
Sampul buku 'Abah Cipulus' ditulis oleh H Hadi M Musa Said.

Jakarta, NU Online
Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Cipulus (Pesantren Cipulus), Wanayasa, Kabupaten Purwakarta mengundang khayalak umum dalam kegiatan Launching dan Bedah Buku Biografi Abah Cipulus: Sejarah dan Perjuangan Dakwah'. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu (4/9/2021) di Aula Al Badar Pesanten Cipulus secara hybrid (luring dan daring).

 

Penulis buku, H Hadi M Musa Said mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian Haul pertama KH Adang Badruddin (Abah Cipulus) dan Haul ke-21 KH Izzudin bin KH Muhammad Syueb (Ama Cipulus).  

 

"Peluncuran dan bedah buku itu menjadi bagian dari rangkaian haul Abah yang bertepatan dengan haul sesepuh Pesantren Cipulus, sekaligus launching Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Badar Cipulus," kata H Hadi kepada NU Online, Kamis (2/9/2021).

 

Karena masih situasi pandemi, kata dia, acara dilakukan dengan dua pola, daring dan luring. "Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan imbauan pemerintah," tambah Pengasuh Asrama Bumi Nusantara Pesantren Cipulus itu.

 

Diinformasikan, kegiatan tersebut akan menghadirkan beberapa tokoh, seperti Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) H Yaqut Cholil Qoumas sebagai pembicara kunci. Sementara lima narasumber utama akan hadir, di antaranya Ketua Dewan Penasehat Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor KH As’ad Said Ali, Ketua Dewan Penasehat Forum Persatuan Guru Ngaji (FSGN) KH Sofyan Yahya, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Dr M Ali Ramdhani, Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung Dr Reiza D Diena Putra, dan Sejarawan Wanayasa Purwakarta Budi Rahayu Tamsyah.

 

Selain acara peluncuran dan bedah buku, lanjut H Hadi, kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dari 4-5 September 2021 ini, mencakup silaturahim alumni dan muhibbin (pecinta) Pesantren Cipulus dan gelaran tahlil akbar yang merupakan puncak acara haul sesepuh pesantren.

 

"Selama dua hari nanti, akan ada beberapa rangkaian haul, termasuk bedah buku, launching STAI, terus nanti ada doa bersama untuk bangsa, dan tahlil akbar sesepuh pesantren," lanjutnya.

 

Pria yang merupakan menantu Abah Cipulus itu berharap buku Biografi Abah Cipulus dapat memberi manfaat seluas-luasnya dan memotivasi para santri, khususnya kalangan Nahdliyin untuk meneladani perjuangan dan dakwah semasa hidup beliau.

 

"Saya berharap, semoga buku yang menjadi rekam jejak Abah ini dapat diteladani oleh para jamaah, santri, alumni, dan segenap muhibbin beliau," harap Hadi.

 

Kontributor: Syifa Arrahmah
Editor: Kendi Setiawan


Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya