Menghormati tamu memang dianjurkan dalam Islam. Bahkan dalam salah satu hadits disebutkan bahwa menghormati tamu merupakan artikulasi keimanan seseorang.<>
عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : من كان يؤمن بالله واليوم الاخر Ùليقل خيراً أو ليصمت , ومن كان يوم بالله واليوم الاخر Ùليكرم جاره , ومن كان يؤمن بالله واليوم الاخر Ùليكرم ضيÙÙ‡
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah bersabda : “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangga dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya”. [Bukhari no. 6018, Muslim no. 47]
Bagaimana jika seorang tamu berkunjung dengan niatan berta’ziyah ikut berbela sungkawa karena kematian seorang anggota keluarga? Tentunya tata cara penghormatannya juga harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Karena situasinya sedang berkabung, maka menghormati tamu hendaknya dilakukan dengan penuh kesederhanaan dan keperhatinan. Berbeda dengan menjamu tamu ketika berpesta (walimatul urusy atau walimatul khitan).
Namun tradisi yang telah berkembang di sebagian masyarakat justru sebaliknya. Mereka membuat acara berkabung ini dengan semacam pesta; dengan menyembelih sapi, atau kerbau ataupun dengan memasak makanan dalam porsi yang besar. Sehingga keadaan duka itu tidak terasa lagi, bahkan hilang sama sekali. Hal ini menyebabkan fungsi ta’ziyah sebagai salah satu wahana pengingat mati (tadzkiratul maut), dengan harapan meningkatkan ketaqwaan tidak tercapai. Bahkan dapat membebani keluarga sohibul mushibah (yang ditinggal mati), lebih-lebih jika sohibul mushibah itu keluarga yang kurang mampu.
Begitu juga dengan berbagai macam suguhan yang dihidangkan ketika tahlil selama seminggu. Sesungguhnya hal itu tidak merupakan kewajiban dan tidak pula sebuah keharusan. Hal ini perlu dipahami karena seringnya masyarakat menyeleggarakan telung dino (tradisi memperingati hari ketiga dari kematian) atau mitung dino (tradisi memperingati hari ke tujuh dari kematian) dengan berbagai macam makanan dan jajanan.
Oleh karena itu hal ini perlu diluruskan kembali, bahwasannya berbagai macam tradisi peringatan kematian itu adalah anjuran syari’at Islam. Akan tetapi berbagai macam makanan dan sesuguhan itu yang selalu dihadirkan bersamaan denga tradisi tersebut adalah bentuk dari perkembangan tradisi dan harus dipilah-pilah lagi. Apabila salah memahami bisa-bisa jatuh pada hukum makruh yang harus dihindari. Misalkan keyakinan bahwa menyuguhkan hidangan/makanan dalam ta’ziyah atau nelung dino juga mitung dino dengan harus pada hari ketiga atau ke-tujuh dan tidak boleh pada selain hari itu, hukumnya bisa menjadi makruh.Meskipun hukum makruh tersebut tidak menghilangkan pahala sedekah itu, hendaknya keyakinan semacam itu didudukkan pada tempatnya.
Hal ini persis dengan yang digambarkan oleh Ibnu Hajar dalam Al-Fatati tamuwal Kubra al-Fiqhiyah:
(ÙˆÙŽØ³ÙØ¦ÙÙ„ÙŽ) أَعَادَه٠الله٠عَلَيْنَا Ù…Ùنْ بَرَكَاتÙه٠عَمَّا ÙŠÙØ°Ù’بَØÙ Ù…ÙÙ†ÙŽ النَّعَم٠وَ ÙŠÙØÙ’Ù…ÙŽÙ„Ù Ù…ÙŽØ¹ÙŽ Ù…ÙلْØÙ خَلْÙÙŽ الْمَيÙّت٠إÙÙ„ÙŽÙ‰ الْمَقْبَرَة٠وَ ÙŠÙØªÙŽØµÙŽØ¯ÙŽÙ‘ق٠بÙه٠عَلَى الْØÙŽÙَّارÙيْنَ Ùَقَطْ ÙˆÙŽ عَمَّا ÙŠÙØ¹Ù’Ù…ÙŽÙ„Ù Ø«ÙŽØ§Ù„ÙØ«ÙŽ Ù…ÙŽÙˆÙ’ØªÙÙ‡Ù Ù…Ùنْ ØªÙŽÙ‡Ù’ÙŠÙØ¦ÙŽØ©Ù أَكْل٠أَوْ Ø¥ÙØ·Ù’عَامÙÙ‡Ù Ù„ÙلْÙÙقَرَاء٠وَ غَيْرÙÙ‡Ùمْ ÙˆÙŽ عَمَّا ÙŠÙØ¹Ù’مَل٠يَوْمَ Ø§Ù„Ø³ÙŽÙ‘Ø§Ø¨ÙØ¹Ù كَذَلÙÙƒÙŽ ÙˆÙŽ عَمَّا ÙŠÙØ¹Ù’مَل٠تَمَامَ الشَّهْر٠مÙÙ†ÙŽ Ø§Ù„Ù’ÙƒÙŽØ¹Ù’ÙƒÙ ÙˆÙŽÙŠÙØ¯ÙŽØ§Ø±Ù بÙه٠عَلَى بÙÙŠÙوْت٠النÙّسَاء٠التÙÙŠ ØÙŽØ¶ÙŽØ±Ù’Ù†ÙŽ الْجَنَازَةَ ÙˆÙŽ لَمْ ÙŠÙŽÙ‚Ù’ØµÙØ¯Ùوْا Ø¨ÙØ°ÙŽÙ„ÙÙƒÙŽ Ø¥Ùلاَّ Ù…Ùقْتَضَى عَادَة٠أَهْل٠الْبÙلاَد٠ØÙŽØªÙ‰ÙŽÙ‘ Ø£ÙŽÙ†ÙŽÙ‘ مَنْ لَمْ ÙŠÙŽÙْعَلْ ذَلÙÙƒÙŽ صَارَ مَمْقÙوْتًا عÙنْدَ Ù‡Ùمْ ØÙŽØ³Ùيْسًا لاَ يَعْبَأÙوْنَ بÙÙ‡Ù ÙˆÙŽ هَلْ Ø¥ÙØ°ÙŽØ§ قَصَدÙوْا Ø¨ÙØ°ÙŽÙ„ÙÙƒÙŽ الْعَادَةَ ÙˆÙŽ التَّصَدَّقَ ÙÙÙŠ غَيْر٠الْأَخÙيْرَة٠أَوْ Ù…ÙØ¬ÙŽØ±ÙŽÙ‘دَ الْعَادَة٠مَا ذَا ÙŠÙŽÙƒÙوْن٠الْØÙكْم٠جَوَازًا أَوْ غَيْرَهÙ. ÙˆÙŽ هَلْ ÙŠÙوْزَع٠مَا ØµÙØ±ÙÙÙŽ عَلَى Ø§Ù†Ù’ØµÙØ¨ÙŽØ§Ø¡Ù الْوَرَرَثَة٠عÙنْدَ Ù‚ÙØ³Ù’مَة٠التÙّرْكَة٠وَ Ø¥Ùنْ لَمْ يَرْضَ بÙه٠بَعْضÙÙ‡Ùمْ ÙˆÙŽ عَن٠الْمَيÙّت٠عÙنْدَ أَهْل٠المَيÙّت٠إÙÙ„ÙŽÙ‰ Ù…ÙØ¶ÙÙŠÙÙ‘ شَهْر٠مÙنْ مَوْتÙÙ‡Ù Ù„ÙØ£ÙŽÙ†ÙŽÙ‘ ذَلÙÙƒÙŽ عÙنْدَهÙمْ كَالْÙَرْض٠مَا ØÙكْمÙÙ‡ÙØŸ (Ùَأَجَابَ) بÙقَوْلÙه٠جَمÙيْع٠مَا ÙŠÙÙْعَل٠مÙمَّا ذÙÙƒÙØ±ÙŽ ÙÙÙŠ السÙّؤَال٠مÙÙ†ÙŽ Ø§Ù„Ù’Ø¨ÙØ¯ÙŽØ¹Ù الْمَذْمÙوْمَة٠لَكÙنْ لاَ ØÙرْمَةَ ÙÙيْه٠إÙلاَّ Ø¥Ùنْ ÙÙØ¹ÙÙ„ÙŽ شَيْءٌ Ù…Ùنْه٠لÙÙ†ÙŽØÙ’ÙˆÙ Ù†ÙŽØ§Ø¦ÙØÙŽØ©Ù Ø£ÙŽÙˆÙ’Ø±ÙŽØ«ÙŽØ§Ø¡Ù ÙˆÙŽÙ…ÙŽÙ†Ù’ قَصَدَ بÙÙÙØ¹Ù’ل٠شَيْء٠مÙنْه٠دَÙَعَ أَلْسÙنَة٠الْجÙهَّال٠وَ ØÙŽÙˆÙ’ضÙÙ‡Ùمْ ÙÙÙŠ عَرْضÙÙ‡Ù Ø¨ÙØ³ÙŽØ¨ÙŽØ¨Ù التَّرْكÙ. يرْجَى أَنْ يَكْتَبَ لَه٠ثَوَاب٠ذَلÙÙƒÙŽ أَخْذًا مَنْ أَمْرÙه٠صَلَّى الله٠عَلَيْه٠وَ سَلَّمَ مَنْ Ø£ÙŽØÙ’دَثَ ÙÙÙŠ الصَّلاَة٠بÙوَضْع٠يَدÙه٠عَلَى أَنْÙÙÙ‡Ù. ÙˆÙŽ عَلَّلÙوْا Ø¨ÙØµÙŽÙˆÙ’ن٠عَرْضÙه٠عَنْ ØÙŽÙˆÙ’ض٠النَّاس٠ÙÙيْه٠عَلَى غَيْر٠هَذÙه٠الْكَيْÙÙيَة٠وَلاَ يَجÙوْز٠أَنْ ÙŠÙÙْعَلَ شَيْءٌ Ù…Ùنْ ذَلÙÙƒÙŽ Ù…ÙÙ†ÙŽ التÙّرْكَة٠ØÙŽÙŠÙ’ث٠كَانَ ÙÙيْهَا Ù…ÙŽØÙ’جÙوْرٌ Ø¹ÙŽÙ„ÙŽÙŠÙ’Ù‡Ù Ù…ÙØ·Ù’لَقًا أَوْ كَانÙوْا ÙƒÙلَّهÙمْ Ø±ÙØ´ÙŽØ¯ÙŽØ§Ø¡ÙŽ Ù„ÙŽÙƒÙنْ لَمْ يَرْضَ بَعْضÙÙ‡Ùمْ.
Dalam ibarat di atas dikisahkan bahwa Imam Ibnu Hajar ditanya, bagaimanakah hewan yang disembelih dan dimasak kemudian dibawa bersama mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali kubur? Bagaimana dengan yang dilakukan pada hari ketiga kematian dalam bentuk penyediaan makanan untuk para fakir dan yang lain, dan demikian halnya yang dilakukan pada hari ketujuh, serta yang dilakukan pada genap sebulan dengan pemberian roti yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri prosesi ta’ziyah jenazah? Mereka melakukan semua itu tujuannya hanya sekedar melaksanakan kebiasaan penduduk setempat sehingga bagi yang tidak mau melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan. Kalau mereka melaksanakan adat tersebut dan bersedekah tidak bertujuan (pahala) akhirat, maka bagaimana hukumnya, boleh atau tidak? Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas keinginan ahli waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian tirkah, walaupun sebagian ahli waris yang lain tidak senang menyalurkan sebagian tirkah bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit selama satu bulan berjalan dari kematiannya. Sebab, tradisi demikian, menurut anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti “wajib”; bagaimana hukumnya?
Beliau menjawab: semua yang dilakukan sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk bid’ah yang tidak baik, meski tidak sampai pada derajat haram; kecuali jika prosesi penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk “meratapi” atau memuji secara berlebihan (ratsa’) pada keluarga mayit.
Hal yang perlu diperhatikan pada saat menghormati tamu yang bertakziyah adalah jangan sampai memaksakan diri untuk menyajikan hidangan yang berlebihan, semata-mata agar dianggap pantas oleh orang lain. Hormatilah tamu dengan hidangan sepantasnya saja, karena sejatinya para tamu memahami kondisi tuan rumah yang sedang berkabung. Dengan sikap demikian, diharapkan ia mendapatkan pahala setara dengan realisasi perintah Nabi SAW. Kedua, harta yang digunakan tidak boleh diambil/dikurangi dari tirkah (warisan). Sebab, tirkah yang belum dibagikan mutlak harus dijaga utuh, karena bisa jadi sebagian dari ahli waris tidak rela jika tirkah itu digunakan sebelum dibagikan.
Disarikan dari Ahkamul Fuqaha (Jakarta: Sekretariatan PBNU, 2010).
Redaktur: Ulil Hadrawi