Nasional

Menpora Harap Pendekar Pagar Nusa Tampil di Olimpiade 2020

Senin, 22 Agustus 2016 | 08:03 WIB

Menpora Harap Pendekar Pagar Nusa Tampil di Olimpiade 2020

Ilustrasi

Jakarta, NU Online
Menteri Pemuda dan Olahraga RI H Imam Nahrowi menyapa para juri dan para pendekar yang datang dari seluruh penjuru tanah air pada upacara pembukaan Kejurnas II Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ahad (21/8) sore. Imam berharap beberapa pesilat terbaik Pagar Nusa mempersiapkan diri untuk menjadi  kontingen Indonesia pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

“Nanti kita akan bertanding di Olimpiade 2020 di Tokyo. Mari kita tunjukkan kemampuan kita di sana,” kata Imam Nahrowi saat sambutan.

Menurut Imam Nahrowi, Pagar Nusa merupakan merupakan potensi luar biasa di cabang olahraga silat. Dengan pelbagai atraksi yang dipentaskan pada pembukaan tadi Pagar Nusa menunjukkan kompetensi yang layak disaksikan masyarakat dunia.

Presiden RI Jokowi, kata Imam, selalu berpesan kepada dirinya agar memperkenalkan silat sebagai salah satu olahraga asli Indonesia. Ia prihatin ketika salah satu Negara tetangga mengklaim bahwa silat berasal dari negaranya.

“Kalau berkunjung ke luar negeri, tolong sampaikan bahwa salah satu olahraga asli Indonesia adalah pencak silat. Semua kita di sini memiliki akun facebook, twitter, instagram. Mari sosialisasikan pencak silat di media sosial,” kata Imam.

Tampak hadir sesepuh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Purn H Eddie M Nalapraya, Wakil Ketua Umum IPSI, dewan khas pendekar Pagar Nusa, dan ratusan pendekar peserta Kejurnas II dan Festival Pagar Nusa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus Pagar Nusa yang terus melanjutkan tradisi asli Indonesia,” tandas Imam. (Alhafiz K)


Terkait