Nasional

Menpora Dikukuhkan Jadi Anggota Kehormatan Pagar Nusa

Senin, 22 Agustus 2016 | 10:01 WIB

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan Pusat Pencak Silat Pagar Nusa Ajengan Mimih Haeruman memakaikan jubah kebesaran organisasi pencak silat NU kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI H Imam Nahrawi pada pembukaan Kejurnas II dan Festival Pencak Silat Pagar Nusa, Ahad (21/8) sore. Pemberian jubah ini menandai pengangkatan Nahrawi sebagai anggota kehormatan nasional Pagar Nusa.

“Dengan jubah ini, Menpora RI resmi menjadi anggota pencak silat NU Pagar Nusa,” kata Ketua Umum Plt Pagar Nusa Ajengan Mimih dalam sambutannya di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Upacara penyerahan ini disaksikan ratusan pendekar Pagar Nusa. Tampak hadir sesepuh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Purn H Eddie M Nalapraya, Waketum IPSI, Ketua PBNU H Aizuddin Abdurrahman, dan para juri serta wasit Kejurnas II Pagar Nusa.

Sementara H Imam Nahrawi mengucapkan terima kasih atas pengangkatan anggota kehormatan Pagar Nusa. Anugerah ini, menurutnya, di luar dugaannya sebelum berangkat menghadiri pembukaan kejurnas.

“Baju ini menambah beban satu lagi saya. Saya terdorong untuk mengembangkan pencak silat khususnya Pagar Nusa di Indonesia. Saya menjadi termotivasi untuk memuluskan jalan Pagar Nusa berprestasi di tingkat dunia," jelas Imam Nahrawi.

Sambil bergurau di hadapan ratusan pendekar peserta upacara pembukaan kejurnas ini, Imam Nahrawi menyatakan bahwa Pagar Nusa dengan memakaikan jubah kehormatan tidak boleh menuntut dirinya mengupas kelapa dengan mulut dan atraksi ekstrem lainnya.

“Dengan baju ini, saya jangan dituntut mengupas kelapa dengan gigi seperti atraksi pendekar Pagar Nusa di awal tadi. Saya tidak kuat,” candanya disambut tepuk tangan para hadirin. (Alhafiz K)


Terkait