Rabu, 01 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Daerah 
Agar Paham Juknis Kurikulum 2013, Pergunu Kraksaan Ikuti ToT
Kamis, 17/10/2013 17:00

Probolinggo, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Kraksaan belum lama ini mendelegasikan 3 (tiga) orang guru tingkat SMP untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) di Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Ketiga guru tersebut adalah Komari dan Moh. Baiduri Faeshal dari SMP Zaha 1 Genggong dan Agus Sujarwanto dari SMP Sunan Bonang Maron. ToT yang dibuka oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Kurikulum PSMP Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Juandanil Syah.

Ketua PC Pergunu Kota Kraksaan Izzudin kepada NU Online, Senin (14/10) mengungkapkan bahwa keikutsertaan guru SMP di bawah naungan Pergunu Kota Kraksaan tersebut bertujuan agar guru-guru NU yang mengajar di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU bisa melaksanakan kurikulum 2013 dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari Kemendikbud RI.

“Pendelegasian wakil dari PC Pergunu Kota Kraksaan ini membuktikan bahwa NU juga turut serta untuk mensukseskan semua program yang dicanangkan oleh pemerintah. Keikutsertaan ini tidak lain adalah untuk menyambut pelaksanaan kurikulum 2013 sehingga semua sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU bisa melaksanakan kurikulum 2013,” ungkapnya.

Dalam ToT tersebut, ketiga guru dari PC Pergunu Kota Kraksaan bersama dengan guru-guru lain mendapatkan berbagai materi dari narasumber. Yaitu, kebijakan Pergunu, paradigma pembelajaran aktif (konsep dasar dan penerapannya), desain pembelajaran aktif (aplikasi strategi pembelajaran aktif model I, II, III, IV, V dan VI), pendekatan scientifit dalam pembelajaran di SMP, pemanfaatan media berbasis TIK dan lingkungan dalam pembelajaran di SMP, implementasi kurikulum 2013 dan strategi menjadi pelatg handal.

“Paling tidak delegasi yang kami kirimkan ke ToT ini mampu memperoleh pelajaran yang berharga dan dapat ditularkan kepada guru NU yang lain. Sehingga ilmu yang didapat benar-benar bermanfaat untuk melaksanakan kurikulum 2013 di semua sekolah di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Kraksaan,” harapnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::